Salam Damai Kristus,

Sebuah kontribusi para mantan frater, pastor, suster, bruder, dll bagi pembangunan kehidupan bersama yang lebih baik. Kirimkan artikel apa saja yang mau ditampilkan pada blog ini ke email: mantan.frater09@gmail.com Atas kunjungannya, terima kasih.

Kamis, 10 Maret 2016

SECARA UMUM JUMLAH UMAT KATOLIK TUMBUH LEBIH CEPAT DIBANDINGKAN JUMLAH PENDUDUK DUNIA

Vatikan baru saja mengeluarkan statistik terbaru umat Katolik. Jumlah umat Katolik tumbuh lebih cepat dibandingkan penduduk dunia. Selama sembilan tahun, jumlah umat Katolik di seluruh dunia telah meningkat sebesar 17,8 persen, sedangkan penduduk dunia meningkat sebesar 17,3 persen. Dari 2005-2014, jumlah umat Katolik bertumbuh dari 1.120.000.000 menjadi 1.270.000.000.

Statistik tersebut dan statistik lainnya, yang dikeluarkan oleh Vatikan pada hari Sabtu 5 Maret 2016, terdapat dalam Buku Tahunan Kepausan 2016, dan Annuarium Statisticum Ecclesiae 2014. Buku-buku tersebut, yang disusun oleh Kantor Pusat Statistik Gereja dan diedit oleh Tipografi Vatikan, direncanakan akan diterbitkan di toko-toko buku dalam beberapa hari. Buku-buku tersebut juga menunjukkan perubahan dalam kehidupan Gereja selama tahun 2015.

Peningkatan terbesar jumlah umat Katolik terlihat di benua Afrika sebesar 41 persen, di tengah pertumbuhan penduduk secara keseluruhan sebesar 23,8 persen; diikuti oleh benua Asia, dengan peningkatan sebesar 20 persen umat Katolik dibandingkan peningkatan penduduk sebesar 9,6 persen; lalu di benua Amerika terlihat peningkatan sebesar 11,7 persen jumlah umat Katolik dibandingkan dengan peningkatan penduduk sebesar 9,6 persen.

Di Eropa, jumlah umat Katolik meningkat hanya sebesar 2 persen dibandingkan dengan keseluruhan penduduk. Di kawasan Oseania, sebaliknya, terlihat peningkatan jumlah umat Katolik hanya sedikit lebih rendah dari pertumbuhan seluruh.

Selain itu tercatat peningkatan dalam jumlah uskup seluruh dunia pada tahun 2005-2014, meskipun benua Amerika dan kawasan Oseania terlihat mengalami peningkatan sedikit lebih rendah daripada peningkatan rata-rata seluruh dunia.

Ada juga peningkatan di seluruh dunia dalam jumlah imam diosesan dan religius, terutama di Afrika dan Asia, meskipun ada penurunan imam baru di benua Eropa dan kawasan Oseania. Ada juga peningkatan di seluruh dunia dalam jumlah imam diosesan dan kaum religius, terutama di benua Afrika dan Asia, meskipun ada penurunan jumlah imam baru di benua Eropa dan kawasan Oseania.

Sementara jumlah diakon tetap meningkat di benua Afrika, di kawasan lain terlihat mengalami penurunan. Demikian juga, jumlah biarawati terlihat mengalami penurunan, namun meningkat di benua Afrika dan Asia.

Jumlah seminaris meningkat dari 114.439 pada tahun 2005 menjadi 116.939 pada tahun 2014, memuncak pada tahun 2011 dengan jumlah 120.616. Jumlah seminaris secara konsisten tertinggi di benua Afrika, Asia, dan kawasan Oseania, sementara di benua Eropa dan Amerika terlihat mengalami penurunan.

(Peter Suriadi - Bogor, 9 Maret 2016)
Sumber: milis APIK
Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar